Manchester United

Makalah Sejarah Pendidikan Islam

Diposting oleh tedi oktavian di 19.57
Imperialisme Barat sesungguhnya telah ada jauh sebelum Islam, bahkan sebelum Masehi. Asal muasalnya adalah paham rasialis Yunani yang melahirkan paham imperialis, yaitu Yunani dianggap sebagai bangsa unggul, karena itu berhak memimpin bangsa lain termasuk dalam bentuk penjajahan. Atas dasar tersebut, Alexander Yang Agung bergerak menaklukan dunia Timur sejauh perbatasan India dan Cina.
Penaklukan tersebut membuka kesadaran akan keunggulan bangsa-bangsa lain, dia mencoba merukunkan Barat dengan Timur dengan tetap dia di puncak kekuasaan. Hasilnya adalah suatu peradaban campuran yang disebut Hellenisme.
Pertemuan peradaban Islam dan Helenisme lewat proses penerjemahan karya-karya Yunani sejak masa Yazid ibn Khalid al-Barmaki (viz. menteri masa khalifah Harun al-Rashid) dan kemudian melalui kebijakan politik eksplisit al-Ma'mun menumbuhkembangkan setidaknya dua sikap kebudayaan di kalangan umat Islam, yaitu: sikap oposisi dan sikap akomodatif. Menurut G. Makdisi dan Sonia Brentjes, menyatakan bahwa berbagai cara dilakukan oleh kaum Muslim untuk menahan laju infiltrasi kebudayaan hellenisme yang akan 'mengkontaminasi' ajaran Islam (ortodoksi), salah satunya adalah pembangunan madrasah.
Untuk pemaparan lebih lanjut tentang makalah yang berjudul “Pengaruh Hellenisme dan Lembaga-Lembaga Sebelum Kebangkitan Madrasah”, klik link dibawah ini
download